DUNIA IKANKU

Cara Budidaya Ikan Lele,Budidaya Ikan Hias Air Tawar,teknik budidaya,Budidaya Peternakan Dan Budidaya Perkebunan

Friday 13 November 2015

Cara Teknis Membuat Kolam Terpal Dari bambu

Desain Kolam terpal Bambu

Kolam terpal untuk pemeliharaan ikan lele dengan kerangka bambu menjadi alternatif pembuatan kolam dengan biaya lebih murah dibandingkan dengan kolam terpal kerangka besi atau batu-bata. Mungkin Karena terbuat dari kerangka bambu maka dengan itu konsekuensi umur untuk  pemakaiannya lebih pendek jika dibandingkan dengan besi,bata atau dengan lainnya yang bia bertahan lama
Bambu dipotong dengan ukuran 7 meter
Inilah proses perakitan atau pembuatan kolam terpal dengan kerangka bambu yang posisi lantai kolam  terpalnya langsung di atas tanah tanpa penggalian tanah. Kolam dibuat dengan pipa pembuangan sekaligus pengatur ketinggian air kolam. Kolam kerangka bambu yang berukuran  2 x 4 meter ini akan  dibuat dari terpal berukuran 4 x 6 meter. Untuk jumlah bambu yang akan kita perlukan kurang lebih 10 batang  dengan panjang rata-rata sekitar 7 meter.
1. MEMBUAT DINDING KOLAM TERPAL/PINGGIRAN KOLAM
Potong bambu  ukuran 2 meter dan 4 meter.Lalu, sesuaikanlah jumlah bambu yang sudah dipotong dengan jarak kerapatan bilah pagar bambu yang akan dibuat. Semakin rapat jarak  bilah bambu pada pagar, Maka konstruksi kolam akan lebih semakin kuat.Untuk itu, Sebelum melakukan proses pemasangan paku, maka bambu harus diraut dengan halus. Bagian yang tajam atau bekas ranting yang tidak dihaluskan dapat menyebabkan kebocoran pada kolam. Jikalau untuk  persediaan bambu yang terbatas, maka diprioritaskan untuk  kerapatan pagar bambu ada di bagian bawah, semakin ke atas bisa dibuat agak renggang sesuai dengan besar tekanan air kolam. Buat 2 buah pagar berukuran 1 x 4 dan 1 x 2 masing-masing dua buah.Untuk bagian pagar yang halus diletakkan di sebelah dalam, dan bagian pagar yang lebih rapat pada posisi bawah.
Maka setelah selesai dilanjutkan dengan menanam patok-patok yang dibuat dari bambu utuh yang dibelah menjadi dua bagian. Pagar dinding untuk kolam bisa juga dipasang dengan patok-patok bambu dengan cara diikat atau dipaku.  Semakin banyak patok yang digunakan di dinding maka kolam semakin kuat. Sebelum pemasangan terpal dibuat terlebih dahulu saluran pipa untuk pembuangan air kolam.


Proses paku dan pengikatan kolam

2. PEMASANGAN PIPA SALURAN AIR PEMBUANG PADA KOLAM TERPAL
Pipa pembuangan sangat diperlukan disaat pengurasa kolam untuk pergantian air, pembersihan kolam dan pemanenan. Dengan pembuatan lubang pembuangan yang cukup besar, Maka,proses pengurangan volume air kolam dapat berlangsung lebih cepat. Selain untuk pembuangan air, pipa pembuangan sekaligus dapat difungsikan sebagai pengatur ketinggian level air kolam.
Bahan yang diperlukan:
  • Clamp / Klem,  berbentuk ring silinder dengan screw sekrup yang dapat dikencangkan (klem selang) dan dikendorkan
  • Pipa pralon ukuran 2”
  • Pipa sambungan siku atau keni
  • Ban dalam bekas, gunakan bekas sepeda motor yang kondisi karetnya masih bagus


Alat yang dibutuhkan
  • Gunting / Cutter
  • Obeng minus
  • Tali
  • Lem jika diperlukan

Langkah-langkah kerja

  • Tandailah dibagian terpal yang akan dibuat pipa pembuangan air kolam. Masukkan salah satu ujung keni siku ke dalam terpal. Pastikan ujung yang satu lagi yang berada di bawah terpal menghadap ke arah dimana pipa saluran pembuangan bawah akan di arahkan.
  • Ikat terpal dan pipa dengan menggunakan ban bekas yang sudah digunting berbentuk silinder dengan tingggi sekitar 2 cm. Maka rapikan dibagian terpal yang diikat dengan pipa tadi agar halus dan tidak banyak lekukan yang terjadi. Sedikit lekukan tidak mengapa karena memang susah untuk dihindari adanya.
  • Pasang klem pipa untuk memperkuat ikatan terpal dengan pipa sambungan keni. Klem pipa ini bisa dibeli di toko besi bangunan dengan harga cukup murah. Klem selang atau begel ini yang terbuat dari bahan stainless steel  tidak berkarat.
  • Putar screw yang ada pada clamp pipa hingga kencang menggunakan obeng. Langkah berikutnya adalah membuka terpal yang sudah ditandai tadi agar berlubang. Gunakan pisau cutter yang tajam agar pemotongan hasilnya halus. Lubang saluran pembuangan bagian atas sudah jadi. Lem bisa ditambahkan di area antara lingkaran pipa-karet-clamp agar lebih kuat.

  • Pada lubang ini nantinya akan dipasang pipa untuk mengatur level ketinggian air kolam yang diinginkan.Pipa sambungan siku bagian bawah terpal. Pada sambungan ini akan dimasukkan pipa pralon untuk pembuangan air ke arah luar kolam.
  • Pada lokasi tempat pipa pembuangan dibuat ketinggian tanah lebih rendah dari sekitarnya agar air dapat mengalir dengan tuntas. Bersihkan area yang akan dipasang terpal dari kerikil, pecahan genting, atau benda tajam lainnya sebelum terpal dibentangkan.

  •  pipa pembuangan saluran air kolam terpal beserta pipa vertikal pengatur ketinggian air yang ada pada bagian dalam kolam, sudah jadi dan dipasang. Tidak perlu dilem agar mudah dilepas atau diganti ukuran panjang pipanya.
    Pipa pengatur / pengontrolan debet air dalam kolam


Kolam terpal yng sudah jadi dan siap untuk pemeliharaan ikan lele,gurami,nila dan lain2


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Teknis Membuat Kolam Terpal Dari bambu

0 komentar:

Post a Comment