DUNIA IKANKU

Cara Budidaya Ikan Lele,Budidaya Ikan Hias Air Tawar,teknik budidaya,Budidaya Peternakan Dan Budidaya Perkebunan

Friday 2 October 2015

Cara Teknik Pemijahan ikan Arwana Secara Baik Dan Benar


Ikan arwana (sclerophages formosus) mempunyai banyak tipe, umpamanya awrwana super red yang datang dari kalimantan, Arwana hijau datang dari sumatra, golden red dari Malaysia serta Kalimantan. dan arwana silver yang datang dari Amerika Selatan (Amazon). Arwana super red adalah tipe arwana Indonesia yang sangatlah popular serta mempunyai harga jual yang cukup mahal.

Penangkaranya atau pembenihannya tergolongsusah serta dulunya cuma dapat di tangkarkan dihabitatnya saja, yakni perairan kalimantan. Tetapi dengan berkembangnya pengetahuan tentang perilaku ataupun daya adaptasinya, Arwana super red telah banyak dibudidayakan diluar kalimantan seperti pulau jawa, terutama jawa barat. 

Usaha ingingkaran ini dapat tidak lain lantaran ada larangan ekspor ikan arwana yang diambil dari alam. Dengan hal tersebut, beberapa entrepreneur yang mau mengekspor arwana jadi terpacu untuk menangkarkannya sendiri.



PEMILIHAN INDUK

Induk ikan arwana yang bisa dipijah umumnya yang telah 8--9 th. dengan ukuran di atas 50 cm atau bakal tambah baik lagi apabila sudah memiliki ukuran 60--70 cm. Induk jantan serta Betina memanglah masih tetap sulit dibedakan, namun umumnya arwana jantan mempunyai rongga mulut lebih cembung dari arwana betina. Beberapa penangkar yang memeng sudah memiliki pengalaman umumnya bakal gampang membedakannya.



PEMIJAHAN INDUK

Tempat pemijahan induk yaitu kolam tanah dengan dinding dari semen atau beton. Luasa kolam juga mesti cukup supaya induk ikan bisa leluasa atau berenang agak longgar. Ada penangkaran. Ada penangkar yang bikin kolam dengan ukuran 8 x 40 m untuk seputar 40-50 ekor induk. kedalaman air untuk ikan arwana mesti cukup, yakni seputar 2 mtr. 


Air yang dipakai datang dari sumur dengan memakai system resirkulasi dengan filter terbuat dari 'DACRON' serta 'BIOBOL'. Instalasi untuk system itu memanglah agak rumiut serta memerlukan pakar dalam membuatnya. pada pasangan massal perbandingan jantan serta betina dalam satu kolam dapat 2 : 3 serta penebaran untuk induk arwana yaitu katak kecil atau percil, udang kali, jangkrik, dan ulat hongkong/jerman atau yang di kenal dengan " WHITE WORM). Pemberian dikerjakan dua hari sekali hingga kenyang saat pagi hari. Penyesuaian didalam kolam agak lama yakni Nyaris 8 Bln..

Jika keadaan baik serta pas yakni Air pHnya 5, 5--6, 0 dengan suhu 27 derjat hingga 29 derja Celcius serta oksigen cukup. arwana bisa memijah 3-4 kali dalam satu tahun. ikan arwana mengerami anaknya didalam mulut arwana jantan, sepanjang erami telur, Induk jantan tak makan hingga bakal jadi kurus serta lemah. 

Oleh karenanya, Untuk tahu Induk tengah mengerami telur dapat dipandang pada ikan yang tampak kurus, lemah, serta Gembung atau mulutnya penuh. Jika ada Induk yang sekian telah diketemukan, jadi pemanenan larva dapat dikerjakan.

Induk ikan yang tengah mengeram dijaring dengan hati-hati, tentu lewat cara menyurut air terlebih dulu. Setelah itu, pengeluaran larva dikerjakan lewat cara buka mulut induk. Larva yang masih tetap memiliki kandungan kuning telur dimasukan ke wadah (Kantong plastik yang telah di isi air) untuk lalu dipindahkan kedalam akuarium pemeliharaan.



PEMELIHARAAN PASCA PEMIJAHAN

Akuarium tempat pemeliharaan sesudah pemijahan mesti dilengkapi dengan areasi yang lembut. Air dalam akuarium idealnya ditukar tiap-tiap minggu sekali sejumlah 30% atau sepertiganya. Kuning telur arwana yang menempel pada larva mempunyai ukuran yang sangat besar serta bakal baru bakal habis sampai 3-4 minggu. Sepanjang ini juga, larva belum diberi pakan. umumnya, saat kuning telur habis larva telah memiliki ukuran seputar 8-9 cm serta telah dapat diberi pakan cacing darah (Bloodworm). Ikan arwana bakal siap jual sesudah meraih ukuran 14-18 cm dengan tinggkat kesuksesan pemeliharaan meraih 80-90%.




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Teknik Pemijahan ikan Arwana Secara Baik Dan Benar

0 komentar:

Post a Comment