DUNIA IKANKU

Cara Budidaya Ikan Lele,Budidaya Ikan Hias Air Tawar,teknik budidaya,Budidaya Peternakan Dan Budidaya Perkebunan

Thursday 28 July 2016

Kandungan nutrisi dan manfaat buah alpukat untuk kesehatan


Alpukat adalah jenis buah yang mempunyai kandungan lemak tinggi, sekitaran 20 kali lebih tinggi di banding buah-buahan lain. Rasa-rasanya creamy serta gurih serupa mentega. Satu diantara faedah buah alpukat dalam diet yaitu kandungan lemaknya yang dapat mensubtitusi keperluan lemak hewani seperti daging. 

Nama latin tanaman alpukat yaitu Persea americana, dipercaya datang dari Amerika Tengah. Buah ini diperkenalkan ke Indonesia oleh Hindia Belanda sekitaran th. 1920-1930. Belanda waktu itu membawa alpukat ke Indonesia untuk penuhi keperluan lemak orang-orang yang tinggal di pegunungan. 

Di pasar komersial, di kenal ada tiga ras buah alpukat yaitu ras Meksiko, ras Guatemala serta ras Hindia Barat. Dari sekitaran tiga ras itu berkembang jadi kian lebih 50 varietas buah alpukat. Indonesia adalah penghasil buah alpukat paling besar didunia sesudah Meksiko, hanya satu negara diluar Amerika yang tempati 10 besar. 

Kandungan nutrisi buah alpukat 
Berdasar pada kajian Departemen Pertanian Amerika Serikat, dalam satu sajian buah alpukat (sekitaran 40 gr) ada mengandung 64 kalori, 6 gr lemak, 3, 4 gr karbohidrat serta sekitaran 1 gr protein. Diluar itu ada juga beragam jenis vitamin seperti C, B6, E serta K. Juga mengandung mineral pentig seperti magnesium serta potassium. 

Beberapa besar kalori buah alpukat dipenuhi dari lemak. Tetapi tak perlu kuatir, lemak yang ada dalam alpukat adalah lemak nabati yang sehat. Lemak pas untuk Anda yang tengah melindungi diet. Konsumsi lemak bikin kita cepat terasa kenyang, memperlambat pemecahan karbohidrat jadi gula hingga kandungan gula darah lebih terbangun.
 
Janganlah gampang tertipu dengan diet rendah lemak lantaran pada kenyataannya badan kita butuh konsumsi lemak. Zat ini bermanfaat untuk melarutkan vitamin A, D, E serta K. Tanpa ada lemak badan kita tak dapat mengolah vitamin itu, hingga konsumsi vitamin jadi sia-sia. 

Hal yang perlu di perhatikan dalam diet lemak yaitu type lemak yang bakal dikonsumsi. Pada umumnya ada tiga type lemak yakni lemak jemu (saturated fat), lemak tidak jemu (unsaturated fat) serta trans fat. Lemak jemu serta trans fat di ketahui mempunyai dampak yang jelek pada kesehatan kardiovaskular. Sedang lemak tidak jemu seperti yang kaya akan dalam buah alpukat dipercara dapat turunkan kandungan cholesterol dalam darah serta turunkan kemungkinan penyakit jantung. 

Lemak yang ada dalam buah alpukat adalah lemak nabati yang didominasi oleh monosaturated fat. Type lemak ini diperlukan badan kita, bahkan juga mensupport kesehatan kardiovaskular atau jantung. Lemak type ini kaya HDL, type cholesterol baik yang diperlukan badan kita. 

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan 
Riset paling baru di AS sudah dikerjakan pada beberapa orang dewasa yang konsumsi buah alpukat dalam satu periode spesifik dibanding dengan yg tidak mengkonsumsinya. Akhirnya, orang yang konsumsi alpukat mempunyai konsumsi serat, potasium, vitamin K, serta vitamin E yang tambah baik. 

Riset sempat juga dikerjakan efek mengkonsumsi buah alpukat pada kemungkinan penyakit yang terkait dengan kardiovaskular seperti jantung. Orang yang konsumsi alpukat sehari-hari mempunyai kemungkinan lebih rendah dari serangan jantung. Diprediksikan kandungan lemak tidak jemu tunggal (monounsaturated fat) yang ada dalam alpukat bertindak utama menghimpit kemungkinan penyakit kardiovaskular. 

Di bawah ini sebagian ikhtisar Manfaat buah alpukat untuk kesehatan manusia. Disarikan dari website Medical News Today : 

  • Kesehatan jantung. Alpukat mengandung beta sitosterol yang baik untuk jantung. Mengkonsumsi beta sitosterol serta type sterol yang lain di ketahui dapat melindungi level cholesterol dalam darah. 
  • Kesehatan mata. Alpukat mengandung lutein serta zeaxanthin, dua zat yang berperan melindungi kesehatan jaringan mata. Beberapa zat itu mempunyai dampak anti-oksidan serta melindungi mata dari rusaknya akibat cahaya ultra violet. Diluar itu, asalm lemak tidak jemu tunggal dalam alpukat dapat melarutkan zat seperti beta karoten yang dapat menghindar menurunan pandangan akibat umur. 
  • Keropos tulang. Alpukat kaya dengan vitamin K. Vitamin K lengkapi kalsium serta vitamin D untuk melindungi kesehatan tulang. Kandungan vitamin K menolong badan menyerap kalsium semakin banyak. 
  • Perkembangan bayi. Buah alpukat kaya dengan asam folat. Apabila dikonsumsi oleh ibu hamil, asam folat bermanfaat menghimpit kemungkinan keguguran serta cacat pada bayi.
  • Anti depresi. Asam folat yang ada dalam buah alpukat berguna juga sebagai konsumsi nutrisi untuk otak. Zat ini menghindar penimbunan penumpukan homosistein. Keunggulan homosistein bakal menganggu produksi serotonin, dopamine, serta norepinephrine yang bertindak dalam memastikan situasi hati serta sulit tidur (insomnia). 
  • Kesehatan pencernaan. Struktur buah alpukat yang creamy, kaya dengan serat. Kandungan serat menolong menghindar sembelit serta kanker usus. 

Menyimpan serta memproses buah alpukat 
Siapa saja yang beli buah alpukat di market, pastinya akan menemukannya dalam tingkat kematangan tidak sama. Alpukat yang sudah masak prima mesti cepat dikonsumsi lantaran buah ini tak tahan sangat lama disimpan. Untuk konsumsi buah alpukat dalam periode waktu lebih lama beberapa orang membelinya dalam kondisi belum masak prima. 

Buah alpukat yang belum masak prima struktur daging buahnya keras. Karenanya butuh diperam terlebih dulu supaya meraih kematangan yang dikehendaki. Alpukat yang sudah masak dianjurkan disimpan dalam almari pendingin, terutama apabila kulitnya sudah dikupas atau dipotong. 

Langkah cepat memeram alpukat 
Di bawah ini panduan untuk memeram buah alpukat supaya lebih cepat masak serta berdaging mulus. Terlebih dulu sediakan kertas tisu, isolatip serta pisau yang tajam serta bersih : 

  • Bersihkan serta bersihkan buah alpukat lalu keringkan semua permukaan kulitnya dengan kain lap. Upayakan tak ada kotoran yang melekat pada kulit buah. 
  • Potong sisi pangkan buah, sisi yang melekat pada tangkai, dengan irisan melintang. Pemotongan janganlah sangat banyak, cukup supaya daging buah terlihat. Sekitaran 0, 5 cm. Pakai pisau yang tajam serta bersih supaya potongan prima serta daging buah tak terkontaminasi kotoran. 
  • Lalu tutup sisa potongan dengan kertas tisu, lantas rapatkan pinggirannya dengan isolatif. Jangan pernah ada sisi yang terbuka untuk hindari pembusukan awal. 
  • Biarlah sepanjang sekian hari bergantung pada tingkat kematangan buah. Umumnya 2-3 hari. 


Menghidangkan olahan buah alpukat 
Umumnya dari kita mengonsumsi buah alpukat lewat cara di juice. Sesungguhnya tak ada yang salah dengan juice buah alpukat, cuma saja cara itu tidaklah langkah paling baik untuk konsumsi alpukat. Lantaran umumnya dalam juice ditambahkan gula sebagai pemanis yang malah menghadirkan permasalahan yang lain. Di bawah ini cara-cara menghidangkan buah alpukat yang baik serta menyehatkan : 

  • Untuk yang sukai, buah alpukat dapat dikonsumsi segera seperti mengonsumsi apel. Cukup iris-iris atau dibelah dua serta dikonsumsi memakai sendok. 
  • Ditambahkan dalam salad buah atau sayur. Dapat ditambahkan perasan jeruk nipis untuk menghadirkan rasa fresh serta menyingkirkan rasa enek akibat kandungan lemak yang tinggi.
  • Digabung dengan cincang bawang serta tomat, berikan daun ketumbar atau perasan jeruk nipis untuk memperoleh twist yang lezat. 
  • Pakai sebagai subtitusi mayonaise dalam bikin sandwich. Terlebih dulu buah alpukat dilumat dahulu lantas dioles-oleskan pada roti, atau dapat pula iris beberapa tidak tebal.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kandungan nutrisi dan manfaat buah alpukat untuk kesehatan

0 komentar:

Post a Comment